Bismillah …

Kali ini saya bercerita sedikit tentang TLP (salah satu aplikasi penghemat baterai) khususnya pada OS Ubuntu. Saya pribadi merasa semakin ke sini OS Ubuntu semakin menguras baterai alias boros. Saat ini saya memakai Dell Latitude E6410 pengganti Asus Eepc yg sudah pensiun. Dulu saya belum terpikir untuk menggunakan aplikasi penghemat baterai, tapi saat menggunakan ubuntu 16.04 saya merasa perlu.

Dell yang saya gunakan saat ini menggunakan baterai baru, terlepas Ori atau tidak tapi cepat habis cuma bisa bertahan tidak lebih dari 15 menit. Untuk baca-baca bisa di sini TLP.

Screenshot from 2017-05-11 22-43-18

Detail komputer

Setelah instal langsung dijalankan tanpa konfigurasi dan saya langsung tes konsumsi baterai leptop dengan mencabut charger maka TLP akan otomatis battery mode.

Screenshot from 2017-05-11 22-03-27

Selama pengujian saya memainkan leptop dengan menjalankan Mozilla nonton youtube seperti gambar di atas dan ternyata WOW …. ! Lumayan bisa bertahan sampai 1 jam lebih.

Screenshot_2017-05-11-22-31-48

Biasanya gak sampai 15 menit hanya mengandalkan baterai tanpa charger leptop Dell saya akan langsung standby . Jadi aplikasi ini mungkin memberikkan sedikit solusi untuk mengatasi persoalan konsumsi baterai yang boros. Selamat mencoba.

2 responses »

  1. kang nur berkata:

    sip… bisa dicoba

Cuap-cuap

