[iseng …@_@ edisi malam]

Malam ini begitu cerah ! gak percaya coba ke halaman rumah …. ! bulannya begitu wah …subhanallah indah 🙂

Coba manfaatkan kamera saku yang ada buat tangkap SuperMoon malam ini. Ternyata gak perlu kamera DSLR yang canggih ko buat mengabadikannya !
Saya coba bereksperimen malam ini dengan bermodal Kamera Saku Panasonic TZ10 (rekomen Mas Nobita).

Langsungn saja ya rumus yang saya pakai meski sebelumnya gagal beberapakali !

Gunakan Mode Manual
saya pertama menggunakan mode Smart alias otomsis (bahasa keren di kamera nya saya lupa). hasilnya macam ini :

Gak jelas kan itu gambar apa ? | yg pasti bukan gambar BOlham (BOla lampu) hiihhi … tekstur bulannya gak tampak ya.

Trus coba di otak atik setingan, dengan mode manual dan didapatlah hasil semacam ini :

jauh berbeda kan ??

inilah rumus yang saya gunakan di kamera saku panasonic TZ10, kemungkinan berlaku juga buat kamera yang lain *semoga hihihihi

Iso : 100,
f6,3 (udah mentok)
Speed : 1/125

Setingan manual di atas ssepertinya berlaku buat kamera yang lain (atau sesuaikan sendiri) dan maksimalkan zoom, kalau kamera yang saya pakai cuma sanggup 12x zoom saja dan jangan lupa tripod biar dapet fokusnya. SELAMAT MENCOBA, jika ada yg berhasil posting ya …ya ….ya …

.::Moba Bermanfaat::.
About Jauharry

Mau tau tentang saya ? Kirim Pm aja :)

10 responses »

  1. nahrevan berkata:

    woow saluttt dengan bekal kamera saku bisa dapat photo bulan yang seperti itu, sebab biasanya saya baru bisa dapat kalau pakai lensa tele diatas 200 mm..kasi tau dong rahasianya bagaimana? jadi pengen nyoba ntar malam soalnya ditempat saya purnamanya baru besok tuh

  2. j4uharry berkata:

    nahrevan said: woow saluttt dengan bekal kamera saku bisa dapat photo bulan yang seperti itu, sebab biasanya saya baru bisa dapat kalau pakai lensa tele diatas 200 mm..kasi tau dong rahasianya bagaimana? jadi pengen nyoba ntar malam soalnya ditempat saya purnamanya baru besok tuh

    maunya sih pake DSLR mba ! tapi belom punya ixixi #curcolya biasa kayak kamera yang lain pake Mode manual seperti yg saya tulis di atas

  3. nahrevan berkata:

    j4uharry said: maunya sih pake DSLR mba ! tapi belom punya ixixi #curcolya biasa kayak kamera yang lain pake Mode manual seperti yg saya tulis di atas

    setelah pake mode manual , trus apalagi ya.. hihihi, kamera saya koq gak ada settingan manualnya ya?? biasa pake dslr , ech pake pocket malah bingung( malu.com)kamera saya Nikon coolpixS9100..

  4. j4uharry berkata:

    nahrevan said: setelah pake mode manual , trus apalagi ya.. hihihi, kamera saya koq gak ada settingan manualnya ya?? biasa pake dslr , ech pake pocket malah bingung( malu.com)kamera saya Nikon coolpixS9100..

    wah saya kurang tau kalau kamera itu ada atau tidak, tapi biasanya pasti ada !kalau sudah ketemu manualnya tinggal seting :Iso : 100, (biasanya ada di menu.)f6,3 (udah mentok) di TZ10 cuma sampai segini doangSpeed : 1/125 {cari2 sendiri :-p) nyoba lebih tinggi hasilnya kurang bagus !kalau sudah siap tinggal di zoom sampai maksimal (untuk TZ10 sampai 12x zoom saja). Awalnya memang gak dapat dan agak sulit mencari fokusnya, gunakan tripod untuk mempermudah tentunya (biar gak goyang2) :-pcari dan dapatkan fokusnya sedemikian rupa lah pokonya, kalau udah dapet tinggal “Cepret”taraaa …… Selamat mencoba *amatiran.com

  5. mukminsehat berkata:

    ini ditangkap atau dijepret sebetulnya??

  6. j4uharry berkata:

    mukminsehat said: ini ditangkap atau dijepret sebetulnya??

    sudahlah kalau ngerti gak usah protes …!

  7. pitaloka89 berkata:

    ga pernah coba setting2 manual *ga ngerti….

  8. j4uharry berkata:

    pitaloka89 said: ga pernah coba setting2 manual *ga ngerti….

    nah itu munmpung ada tutornya silakan di praktekan

  9. berry89 berkata:

    kamera saku-ku nggak ada zoom-nya, ga bisa mode manual juga, jadi kayaknya ga bisa ya

  10. j4uharry berkata:

    berry89 said: kamera saku-ku nggak ada zoom-nya, ga bisa mode manual juga, jadi kayaknya ga bisa ya

    wah nampaknya begitu ……..

Cuap-cuap

