Sejak SD pasti Kita sudah familiar dengan ilmu pasti yang cenderung untuk pelajaran bernuansa sians, seperti FISIKA, KIMIA, BIOLOGI, MATEMATIKA. Kesempatan ini hanya mau menuliskan argumen, bagaimana dengan stetmen bahwa matematika itu bukan ilmu pasti tetap ilmu kesepakatan …! *ilmu kesepakatan …?
Alasan yang mungkin bisa diterima, seperti operasi hitung di bawah ini :
1 + 1 = 2 (ini benar jika dalam operasi hitung desimal) tetapi
1 + 1 = 10 (ini benar jika dalam operasi hitung binari) itu contoh sederhananya saja …*padahal Cuma tau dikit tentang binari hihihii 😛

Oya ada yg menarik di tempat saya mengajar, jadi ada perdebatan tentang soal berikut :
Bangun datar apa yang memiliki; empat buah sisi, 2 sudut tumpul, 2 sudut lancip, sisi yang saling berhadapan sama panjang ?
Kira-kira menurut kalian apa jawabannya ? saya pribadi akan menjawab bangun datar jajar genjang, tetapi sang guru yang membuat soal tersebut tetap kekeh dengan jawaban beliau “belah ketupat”
Guru yang mengkoreksi soal tersebut di protes muridnya lantaran dia menjawab jajar genjang di salahkan akhirnya guru yang mengkoreksi menanyakan ke seluruh guru, saya juga gak mau ketinggalan dong ,,,….! dan akhirnya sang guru yang terkenal “streng” bisa terkalahkan …wkwkwkwk …! JADI MATEMATIKA ITU ILMU KESEPAKATAN
Alasan selanjutnya kita pasti pernah dengar yang namanya teori geosentris yang dikemukakan oleh Aristoteles (bahwa bumi sebagai pusat tata surya), selanjutnya di runtuhkan oleh teori heliosentris, Nicolaus Copernicus (bahwa mataharilah sebagai tatasurya) ….. ! *bagaimana bisa di terima ??
Serta runtuhnya teori Dariwin, beberapa contoh bisa di tarik kesimpulan jika ilmu terus berkembang tidak stagnan, tetapi terus berkembang seiring berkembangnya teknologi yang mendukung perkembangan ilmu pengetahuan.
Seperti halnya Aristoteles pada masanya dia tidak salah mengeluarkan teori yang sempat bertahan cukup lama (abad 12 s/d 15) orang-orang di-Eropa Barat sangat mendukung Aristoteles. Apa saja yang dikatakan Aristoteles dianggap mutlak benar. Dan Aristoteles mengatakan bahwa bumi adalah pusat alam semesta. Yang selanjutnya digantikan oleh teori Heliosentris (setelah ditemukanya teropong yang lebih modern)
Demikian dengan matematika, teori-teori matematika terus berkembang dan di sempurnakan …!*mungkin
Kalau ditanya “jadi ilmu pasti itu ilmu apa ??” saya akan jawab ILMU AGAMA ISLAM
Iklan

About Jauharry

Mau tau tentang saya ? Kirim Pm aja :)

2 responses »

  1. luluasysyifa berkata:

    Copasan ya?hoo..siip lah, udah ada sumbernya 🙂

Cuap-cuap

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s